Minggu, 17 Oktober 2010

RAGAM BAHASA

Di Indonesia terkenal berbagai ragam bahasa yang berbeda yaitu 748 bahasa yang berbeda. Karena itu Indonesia merupakan Negara yang mempunyai banyak kebudayaan yang beraneka ragam. Tanpa disadari bahwa kita sering membahas tentang ragam bahasa dalam kehidupan sehari-hari, tapi apakah kita mengerti tentang ragam bahasa itu sendiri dan penggunaannya seperti apa? Berikut adalah pembahasan tentang ragam bahasa.

Ragam bahasa adalah suatu bahasa yang digunakan sebagai alat komunikasi dan dipakai dalam berbagai keperluan yang tidak seragam tetapi berbeda-beda disesuaikan dengan situasi dan kondisi, atau suatu keanekaragaman penggunaan bahasa Indonesia.

a.Ragam bahasa Lisan ragam bahasa lisan merupakan cara mengungkapkan ragam bahasa yang dilakukan melalui pengucapan kata. Yang perlu diperhatikan dalam pengkomunikasian ragam bahasa lisan adalah tekanan suara, tinggi rendahnya nada pelafalan kata serta pemilihan kata. Kelebihan Ragam Bahasa lisan antara lain Dalam ragam bahasa lisan biasanya didukung oleh bahasa tubuh yang mengiringi dalam pengucapan kata. Bahasa tubuh yang dapat mengiringi ragam bahasa lisan antara lain dengan gerak, mimik, pandangan, anggukan, atau intonasi. Yang membuat ragam bahasa lisan unggul juga dikarenakan bahasa lisan merupakan bahasa yang primer. Selain itu bahasa lisan lebih ekspresif, dimana mimik,intonasi. dan gerakan tubuh dapat bercampur menjadi satu untuk mendukung komunikasi yang dilakukan.

b. Ragam bahasa tulis
Ragam tulis perlu lebih terang dan lebih lengkap daripada ragam lisan. Fungsi-fungsi gramatikal harus nyata karena ragam tulis tidak mengharuskan orang kedua berada di depan pembicara. Kelengkapan ragam tulis menghendaki agar orang yang “diajak bicara” mengerti isi tulisan itu. Contoh ragam tulis ialah tulisan-tulisan dalam buku, majalah, dan surat kabar.
Berdasarkan media pembicaraan, ragam bahasa dibedakan atas:
1. Ragam lisan yang antara lain meliputi:
o Ragam bahasa cakapan
o Ragam bahasa pidato
o Ragam bahasa kuliah

o Ragam bahasa panggung
2. Ragam tulis yang antara lain meliputi:
o Ragam bahasa teknis
o Ragam bahasa undang-undang
o Ragam bahasa catatan
o Ragam bahasa surat

sumber:diaswonderboy.blogspot.com/2010_10_01_archive.html -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar