Minggu, 17 Oktober 2010

FUNGSI DAN KEDUDUKAN BAHASA INDONESIA

Indonesia adalah Negara kepulauan yang terdiri dari beberapa pulau utama yaitu Sumatra, Kalimantan, Jawa, Bali, Sulawesi, Nusa Tenggara dan Papua dan dipisahkan oleh laut. Walaupun dipisahkan oleh laut, tetapi bangsa Indonesia menilainya bahwa itu adalah jembatan penghubung antara satu pulau dengan pulau lainnya. Setiap pulau memiliki beraneka ragam bahasa yang berbeda dan itu merupakan kebudayaan dari Negara Indonesia. Tetapi walaupun memiliki beraneka ragam bahasa, Indonesia memiliki bahasa nasional yaitu bahasa Indonesia. Karena bahasa Indonesia merupakan bahasa yang bisa dimengerti oleh semua penduduk Indonesia.

Fungsi Bahasa Indonesia

Bahasa dibentuk oleh kaidah aturan serta pola yang tidak boleh dilanggar agar tidak menyebabkan gangguan pada komunikasi yang terjadi. Kaidah, aturan dan pola-pola yang dibentuk mencakup tata bunyi, tata bentuk dan tata kalimat. Agar komunikasi yang dilakukan berjalan lancar dengan baik, penerima dan pengirim bahasa harus harus menguasai bahasanya. Bahasa adalah suatu system yang dihasilkan oleh alat ucap manusia dan dipakai oleh masyarakat komunikasi, kerja sama dan mengidentifikasi diri. Fungsi dari bahasa dalam masyarakat adalah sebagai berikut:

1. Alat untuk berkomunikasi dengan sesama manusia.

Bahasa Indonesia merupakan bahasa mempersatu manusia dengan manusia lainnya. Maksudnya adalah bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai macam suku dan ragam bahasa, dengan adanya bahasa Indonesia, berbagai macam suku yang ada di Indonesia bisa memahami ucapan atau bahasa dari suku lainnya atau orang asing sekalipun.

2. Alat untuk bekerja sama dengan sesama manusia.

Bahasa pun bisa sebagai sarana komunikasi yang nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan adanya komunikasi antara satu manusia dengan satu manusia lainnya, manusia bisa bekerja sama dalam berbagai urusan dan untuk mencapai tujuan yang sama.

3. Alat untuk mengidentifikasi diri.

Maksud dari mengidentifikasi diri adalah untuk mengetahui tentang jati diri sendiri atau memberi informasi kepada orang lain.

Dari sudut pandang linguistik, bahasa Indonesia adalah salah satu dari banyak ragam bahasa Melayu. Dasar yang dipakai adalah bahasa Melayu Riau dari abad ke-19. Dalam perkembangannya ia mengalami perubahan akibat penggunaanya sebagai bahasa kerja di lingkungan administrasi kolonial dan berbagai proses pembakuan sejak awal abad ke-20. Hingga saat ini, Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang hidup, yang terus menghasilkan kata-kata baru, baik melalui penciptaan maupun penyerapan dari bahasa daerah dan bahasa asing. Meskipun dipahami dan dituturkan oleh lebih dari 90% warga Indonesia, Bahasa Indonesia bukanlah bahasa ibu bagi kebanyakan penuturnya. Sebagian besar warga Indonesia menggunakan salah satu dari 748 bahasa yang ada di Indonesia sebagai bahasa ibu.Penutur Bahasa Indonesia kerap kali menggunakan versi sehari-hari (kolokial) dan/atau mencampuradukkan dengan dialek Melayu lainnya atau bahasa ibunya. Meskipun demikian, Bahasa Indonesia digunakan sangat luas di perguruan-perguruan, di media massa, sastra, perangkat lunak, surat-menyurat resmi, dan berbagai forum publik lainnya, sehingga dapatlah dikatakan bahwa Bahasa Indonesia digunakan oleh semua warga Indonesia.

www.debrianmiller.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar