Senin, 06 Desember 2010

TOPIK

Topik adalah berasal dari bahasa Yunani “topoi” yang berarti tempat, dalam tulis menulis berarti pokok pembicaraan atau sesuatu yang menjadi landasan penulisan suatu artikel. Topik adalah salah satu unsur yang penting dalam wacana percakapan. Topik merupakan suatu ide atau hal yang dibicarakan dan dikembangkan sehingga membentuk sebuah wacana. Topik juga bisa menjadi bagian dari tema ataupun menjadi bagian dari judul.

Topik berbeda dengan judul dan tema. Judul mengacu pada sebuah identitas wacana, sedangkan tema kadang-kadang tidak mencerminkan sebuah isi yang terkandung dalam wacana.

TAHAP PERSIAPAN PEMILIHAN TOPIK

Hal-halyang harus diperhatikan dalam penentuan topik:

1.Topik yang dipilih harus berada disekitar kita.

2.Topik yang dipilih harus yang menarik.

3.Topik yang dipilih ruang lingkup sempit dan terbatas.

4.Topik yang dipilih memiliki data dan fakta yang obyektif.

5.Topik yang dipilih harus kita ketahui prinsip-prinsip ilmiahnya. Topik yang dipilih jangan terlalu baru.

6.Topik yang dipilih memiliki sumber acuan.

Dari segi umum, syarat yang baik dalam pembuatan topik sebagai berikut:

1. Menarik dibaca dan tulis

Topik yang menarik untuk ditulis dapat membangun gairah penulis untuk membuat karya ilmiah, maupun artikel dan pengembangkan karya ilmiah dari penulis, sedangkan topik yang menarik akan mengundang para pembaca untuk pembaca artikel maupun karya ilmiah.

2. Topik harus dipahami penulis

Bagi penulis harus memahami apa yang ingin dijadikan dalam bahan tulisan meskipun baru memahami prinsip-prinsip ilmiahnya.

3. Jangan terlalu baru, teknis

Bagi para pemula, sebaiknya dalam mengerjakan karya ilmiah jangan yang terlalu baru dikhawatirkan belum ada referensi dalam pustakawan dan topic yang terlalu teknis kemungkinan dapat menjebak penulis jika tidak benar-benar menguasai bahan penulisannya.

4. Bermanfaat

Dalam pembuatan topik sebaiknya bermanfaat. Dari segi akademis dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan berguna untuk kehidupan sehari-hari maupun dari segi praktis.

Sumber : aduk-udik.blogspot.com/2009/11/pertanyaan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar