Senin, 30 November 2009

PENGERTIAN HUBUNGAN ANTARA KONFLIK,KEPUTUSAN DAN SOLUSI

Disetiap suatu organisasi pasti mengalami masalah-masalah yang terjadi didalam tubuh organisasi tersebut atau sering disebut sebagai konflik internal, baik itu mengenai keputusan-keputusan dari berbagai pihak yang merasa bahwa hasil pemikiran mereka merasa paling benar dan hasil pemikiran mereka ingin dijadikan sebagai keputusan dan organisasi tersebut harus menjalani hasil keputusan pemikiran mereka. Tapi konflik tersebut itu merupakan hal wajar dalam pengambilan keputusan disetiap tubuh organisasi, karena didalam tubuh organisasi tersebut banyaknya individu atau kelompok dan setiap individu ataupun kelompok memiliki pemikiran mereka yang berbeda-beda dan tidak mungkin sama hasil pemikiran atau keputusan disetiap individu maupun kelompok yang berada dalam tubuh organisasi tersebut.

Dan hal tersebut merupakan hal yang positif disetiap tubuh organisasi, karena dengan adanya perbedaan antara setiap individu maupun kelompok dalam mengambil suatu keputusan merupakan salah satu proses dalam pengambilan keputusan dimana hasil dari keputusan tersebut akan menyatukan visi setiap individu atau kelompok untuk memperoleh solusi yang baik untuk kemajuan organisasi tersebut. Dalam setiap tubuh organisasi pasti ada konflik, dengan adanya konflik disetiap organisasi akan mencegah keuntungan sepihak dan keputusan-keputusan yang otoriter. Dan menurut pandangan ahli bidang organisasi, jika konflik tersebut melebih kadarnya akan mengganggu dinamika ditubuh organisasi tersebut. Karena konflik merupakan aspek tak bisa dihindarkan dari hidup modern ini dan berbagai kepribadian yang berbeda-beda, komunikasi yang kurang lancar(tanpa tatap muka secara langsung), semakin banyaknya team, dan ekonomi global yang menghubungkan antar budaya merupakan penyebab dari terjadinya konflik.

Ada beberapa situasi yang menyebabkan konflik:

1. Saling tunjuk setiap individu dalam mengerjakan suatu pekerjaan.

2. Berbagai macam kepribadian dan system penilaian dalam suatu organisasi.

3. Memperebutkan sumber daya yang terbatas.

4. Komunikasi yang kurang antara individu.

Setiap ada konflik pasti ada solusi. Solusi merupakan suatu metode yang digunakan untuk memecahkan masalah yang timbul akibat dari konflik dalam suatu organisasi. Dalam hal pengambilan keputusan solusi digunakan sebagai alat untuk memecahkan suatu masalah antara kedua belah pihak dan menyatukan pendapat menjadi sepakat untuk dijalankan seluruh anggota suatu organisasi. Dalam hal ini solusi menjadi jalan yang terbaik untuk setiap keputusan yang telah dipilih, karena dengan adanya solusi semua masalah yang bisa teratasi tanpa adanya kontak fisik jika terjadi konflik dalam suatu organisasi.

3 komentar: